Fakultas Seni Pertunjukan

 

Prodi Seni Tari, Prodi Seni Karawitan, Prodi Seni Teater, Prodi Musik Bambu, Prodi Tari Sunda

Read more

Kabar Terkini

Gallery Photo

  • Hits: 1010
  • Hits: 1266
  • Hits: 822

Gallery Video

   

Sejarah Visi, Misi, dan Tujuan Identitas Data Pejabat Struktur Organisasi Daftar Pegawai FSP

A. Sejarah

Pada tanggal 25 Agustus 2014 melalui Peraturan Presiden RI No. 86 Tahun 2014, STSI Bandung berubah statusnya menjadi Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. ditandatangani dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tanggal 6 Oktober 2014 pukul 14.32 WIB bertempat di Gedung Nala, Markas Komando Armada RI Kawasan Timur (MAKO ARMATIM), Surabaya. Sejak ditetapkan ISBI struktur organisasinya mengalami perubahan yang signifikan yakni dengan ditetapkannya tiga fakultas termasuk di dalamnya Fakultas Seni Pertunjukan. Perihal ini sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 27 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Institut Seni Budaya Indonesia Bandung.



B. Visi, Misi, Dan Tujuan
 

B.1 Visi

Visi Fakultas Seni Pertunjukan ISBI Bandung menjadi pelaksana dan pengelola Program Studi yang berjati diri, berkualitas, dan berdaya saing dalam skala lokal, nasional, dan internasional. Pemahaman mengenai berjati diri, berkualitas, dan berdaya saing dijelaskan dalam RIP ISBI Bandung (terlampir) sebagai berikut: Sifat “berjati diri” mengandung pengertian bahwa seluruh upaya preservasi, konservasi, rekonstruksi, revitalisasi, dan inovasi seni, harus selalu terkait dengan upaya kreatif dalam penciptaan pengetahuan seni (art knowledge creation) yang berbasis warna dan karakter budaya lokalnya. Implementasinya dapat dilakukan melalui reinterpretasi, modifikasi, dan inovasi, tanpa meninggalkan kelokalan sebagai benang merah dari sumber atau asal usul pengetahuan tradisionalnya. “Berkualitas” merujuk pada pengertian, bahwa pencapaian hasil-hasil pembelajaran dan olah kreativitas seni pertunjukan di ISBI Bandung, secara internal harus dapat dipertanggungjawabkan mutu akademiknya. Secara eksternal mampu berfungsi sebagai katalisator pengetahuan untuk meningkatkan mutu apresiasi publik terhadap karya seni sesuai dengan standar normatif. “Berdaya saing” dalam skala lokal, nasional,dan internasional mengandung pengertian, bahwa hasil studi dan olah kreativitas seni pertunjukan di ISBI Bandung harus senantiasa dijiwai oleh kemampuan kompetitif, dialogis, dan inovatif. Kemampuan kompetitif di ranah lokal ditunjukkan dengan kemampuan ISBI Bandung menjadi pusat seni budaya unggulan di Jawa Barat. Sikap dialogis di tingkat nasional dapat menjadikan ISBI Bandung sebagai salah satu parameter nasional dalam pencapaian kreativitas seni pertunjukan Indonesia. Sementara berdaya saing di ranah internasional menuntut hasil studi dan olah kreativitas seni budaya di ISBI Bandung dapat berperan sebagai kontributor dan inspirator bagi pengayaan wacana ilmu seni pertunjukan pada kehidupan multikultural dunia.

B.2 Misi

  • Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat di bidang seni pertunjukan yang memperkokoh jati diri budaya bangsa, serta berperan aktif dalam mewujudkan ketahanan budaya lokal Sunda.

  • Memberdayakan seni pertunjukan secara kreatif dan inovatif dengan menonjolkan jati diri dan karakter kesundaan dalam bentuk kreasi dan kajian.

  • Membangun sumber daya manusia yang berorientasi pada budaya mutu, keunggulan, dan kemampuan bersaing dalam bidang seni pertunjukan secara lokal, nasional, dan internasional.

  • Menjalin kerja sama dalam bidang seni pertunjukan dalam lingkup lokal, nasional, dan internasional.

B.3. Tujuan

B.3.1 Tujuan

  • Meningkatkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang seni pertunjukan secara profesional untuk kemajuan bangsa.

  • Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang seni pertunjukan yang bermanfaat bagi kemaslahatan manusia.

  • Menghasilkan sumber daya manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kompeten, berkualitas, dan profesional di bidang seni pertunjukan.

  • Memperluas jaringan kerja sama di bidang seni pertunjukan dalam lingkup lokal, nasional, dan internasional demi terwujudnya pemeliharaan dan pengembangan seni budaya Sunda.


B.3.2 Sasaran

  • Tercapainyasupremasimutu Tri Dharma Perguruan Tinggi bidangsenipertunjukan.

  • Terciptanyadayagunailmupengetahuan dan teknologi di bidangsenipertunjukanbagimasyarakat.

  • Terbentuknyasumberdayamanusia yang bertakwakepadaTuhan Yang MahaEsa dan profesional di bidangsenipertunjukan.

  • Tercapainyaperluasanjejaring di bidangsenipertunjukandalamlingkuplokal, nasional, dan internasional.


B.3.3 Strategi

Strategi Pencapaiannya Strategi yang dilakukan Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) dalam memenuhi sasaran yang ditargetkan melalui rencana pengembangan yang merujuk pada rencana strategis ISBI Bandung periode 2015-2019 sebagai berikut:

  • Mengembangkan iklim akademik yang kondusif untuk pelaksanaan pendidikan sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu berprestasi di tingkat lokal dan global serta mempunyai keunggulan secarakompetitif.

  • Mengembangkan Program Studi baru, pengembangan jenjang sarjana terapan seni (D4 Teater; D4 Karawitan Sunda) dan perencanaan pengembangan jenjang akademik S2 (Teater, Tari, dan Karawitan).

  • Melaksanakan penelitian dan pengembangan seni pertunjukan yang mampu memberi kontribusi signifikan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik seni pertunjukan, dan perbaikan kehidupan masyarakat, baik tingkat lokal, nasional, dan internasional. Pengembangan penelitian dan kreativitas seni pertunjukan dilakukan secara terpadu dan selaras dengan pengembangan pendidikan dan pengabdian pada masyarakat.

  • Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dan berbagai bentuk layanan profesional, sebagai sarana penyebarluasan hasil karya dosen, mahasiswa terutama yang berkenaan dengan kajian dan kekaryaan seni pertunjukan atau teknologi seni pertunjukan tepat guna untuk membantu memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat, sehingga dapat menjamin kelangsungan dan keberlanjutan pembangunan menuju tercapainya kesejahteraan masyarakat secara luas.

  • Meningkatkan penerbitan dan publikasi karya ilmiah terkait seni pertunjukan, hasil-hasil penelitian dosen dan mahasiswa baik tingkat lokal maupun global. Di samping diseminasi hasil penelitian, pemrosesan HKI juga didorong dan difasilitasi secara konsisten.

  • Meningkatkan jaringan kerjasama dalam bidang seni pertunjukan, penelitian, serta publikasi ilmiah secara berkelanjutan dengan perguruan tinggi dalam maupun luar negeri, pemerintah daerah dan pusat, dengan dunia usaha dan industri untuk meningkatkan income generating activities (IGA) atau kegiatan-kegiatan yang menghasilkan keuntungan material.

  • Melakukan penataan kembali sistemkelembagaan dan sumberdaya (SDM, sarana dan prasarana pendidikan, peralatan, perbekalan, bahan, dan dana) di FSP yang selaras dengan tuntutan lokal, nasional, dan internasional.

  • Menerapkan penjaminan mutu, pengendalian mutu, budaya mutu, manajemen strategis, perencanaan strategis, kepemimpinan transformasional, dan tata kelola fakultas yang baik dengan menerapkan prinsip-prinsip partisipasi, transparansi, akuntabilitas, dan penegakan aturan/hukum.

  • Meningkatkan pemberdayaan fasilitas fakultas sebagai upaya menciptakan fakultas hijau yang asri, nyaman, dan mendukung suasana belajar bagi sivitas akademika di FSP ISBI Bandung.


C. Identitas
 

Penjelasan mengenai identitas Fakultas Seni Pertunjukan terkait dengan dua aspek, yakni:
 

1. Nama dan Lokasi
FAKULTAS SENI PERTUNJUKAN INSTITUT SENI BUDAYA INDONESIA BANDUNG
Jalan Buah Batu Nomor 212 Bandung 40265 Telpon: 022 -7314982, 7315435, Fax. 022 -7303021
Laman: www.isbi.ac.id.
2. Bendera
Fakultas Seni Pertunjukan memiliki bendera berbentuk empat persegi panjang, dengan ukuran panjang berbanding lebar 3:2 (tiga banding dua) berwarna dasar merah dengan kode warna C0, M95, Y70, K0. Pada bagian tengahnya terdapat lambang ISBI Bandung dan di bagian bawah lambang ISBI Bandung tertulis nama FAKULTAS SENI PERTUNJUKAN berwarna putih dengan gambar sebagai berikut.

 


D. Data Pejabat 

Dekan FSP ISBI Bandung

 

                                                            Dr. Lilis Sumiati,S.Sen.,M.Sn.                                                                                                      Dekan Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) ISBI Bandung

             Wakil Dekan Bidang I Akademik dan Kemahasiswaan                             

 

 

 

Dr. Lilis Sumiati, S.Sen., M.Sn.
Dekan Fakultas Seni Pertunjukan

 

 Dinda Satya Budhi Upaja, S.SKar., M.Hum.
Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan

 

 Komarudin, S.Kar., M.M
Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan

 

Asep Budiman, S.Sn., M.Sn.
Koordinator Tata Usaha FSP

 

Sarif Hidayat, S.Kom.
Sub Koordinator Akademik dan Kemahasiswaan

 

Dadi Setiadi, S.T., M.M.
Sub Koordinator Umum dan Keuangan

 


E. Daftar Pegawai FSP
 

No

Nama Pegawai

NIP

Pangkat

Jabatan

Foto

Data CV

Data LHKPN

1 Dr. Lilis Sumiati, S.Sen., M.Sn. 196711141993022001 Pembina Utama Muda (IV/c) Dekan Fakultas Seni Pertunjukan   Klik Data CV Klik Data LHKPN
2 Dr. Dinda Satya Budhi Upaja, S.SKar., M.Hum. 196804091993031001 Penata Tk. I (III/d) Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan  Fakultas Seni Pertunjukan   Klik Data CV Klik Data LHKPN
3 H. Komarudin, S.Kar., M.M. 196105161986101001 Pembina Tk. I (IV/b) Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan  Fakultas Seni Pertunjukan   Klik Data CV Klik Data LHKPN
4 Asep Budiman, S.Sn., M.Sn. 197210271999031003 Penata Tk. I (III/d) Koordinator Tata Usaha  Fakultas Seni Pertunjukan   Klik Data CV Klik Data LHKPN
5 Sarif Hidayat, S.Kom. 196808062000121002 Penata Tk. I (III/d) Sub Koordinator Akademik dan Kemahasiswaan  Fakultas Seni Pertunjukan   Klik Data CV Klik Data LHKPN
6 Dadi Setiadi, S.T., M.M. 197207302003121001 Penata Tk. I (III/d) Sub Koordinator Umum dan Keuangan  Fakultas Seni Pertunjukan   Klik Data CV Klik Data LHKPN
7 Iwan Supandri, S.Sn. 197505082005011002 Penata (III/c) Pengolah Informasi Akademik Jurusan Tari dan Tari Sunda  Fakultas Seni Pertunjukan   Klik Data CV Klik Data LHKPN
8 Asep Gaus Firdaus, S.Sn. 197104012005011002 Penata (III/c) Pengolah Informasi Akademik Jurusan Angklung dan Musik Bambu Fakultas Seni Pertunjukan   Klik Data CV Klik Data LHKPN
9 Deden Tresnawan, S.Sn., M.Sn. 198511102006041006 Penata (III/c) Pengolah Informasi Akademik Jurusan Karawitan Fakultas Seni Pertunjukan   Klik Data CV Klik Data LHKPN
10 Arif Abadi, S.Kom. 197807152003121005 Penata (III/c) Pengolah Informasi Akademik Jurusan Teater Fakultas Seni Pertunjukan   Klik Data CV Klik Data LHKPN
11 Atjep Hidayat, S.Sn. 197608092009121003 Penata (III/c) Bendahara Keuangan  Fakultas Seni Pertunjukan   Klik Data CV Klik Data LHKPN
12 Yadi Hendrayana, S.Sn. 197802242009121003 Penata (III/c) Administrasi Kepegawaian  Fakultas Seni Pertunjukan   Klik Data CV Klik Data LHKPN
13 Sri Rejeki, S.Sn. 198507222010122005 Penata (III/c) Administrasi Tata Usaha dan Arsip Fakultas Seni Pertunjukan   Klik Data CV Klik Data LHKPN
14 Harijadi, S.E. 197111202005011002 Penata Muda (III/a) Administrasi RT dan BMN  Fakultas Seni Pertunjukan   Klik Data CV Klik Data LHKPN

 


F. Struktur Organisasi