Hikmaningtias

Hikmaningtias

Friday, 07 June 2013 00:00

Prodi Seni Tari

Program Studi Tari ISBI Bandung

Program Studi Seni Tari adalah salah satu dari delapan Program Studi yang ada pada Institut Seni Budaya Indonesia Bandung yang berdiri bersamaan dengan terbentuknya KORI pada tahun 1968. Dengan demikian Program Studi Tari dianggap sebagai cikal bakal berdirinya ISBI Bandung.

Saat ini Program Studi Seni Tari menyelenggarakan jenjang Pendidikan S-1 dengan kurikulum berbasis Kompetensi (KBK) dan memiliki dua minat utama yaitu: Pengkajian dan Karya. Keadaan tersebut merupakan pengembangan program yang pada saat masih berstatus ASTI Bandung menyelenggarakan program Sarjana Muda yang kemudian berubah menjadi Diploma (D-III). 

Sampai tahun 2013 ini Program Studi Tari memiliiki dosen tetap berumlah 44 orang, dengan kualifikasi guru besar sebanyak 2 orang, S-3 sebanyak 3 orang, S-2 sebanyak 39 orang dan S-1 sebanyak 1 orang (masih menempuh S-2) dan Dosen luar biasa 1 orang dari Mpu atau pakar. Tenaga lainnya adalah tenaga administrasi /diperbantukan menjadi tenaga administrasi dan pangrawit. Tenaga bantu administrasi 1orang dengan pendidikan D-III. Teknisi berjumlah 1 orang dengan pendidikan S-1 dan Tenaga Pangrawit berjumlah 12 orang dengan pendidikan SMU, D-III dan S-1.   

Friday, 07 June 2013 00:00

Prodi Seni Karawitan

Program Studi Seni Karawitan ISBI Bandung

Dua tahun setelah berdirinya ASTI Bandung (1970), Yayasan Cangkurileng pimpinan Koko Koswara berinisiatif mendirikan Akadei Seni Karawitan Indonesia (ASKI) mengingat potensi kesenian di Jawa Barat sangat beraneka ragam. ASKI Bandung dibawah pimpinan Koko koswara ini kemudian bergabung dengan ASTI Bandung, sehingga pada tahun 1973 ASKI Bandung menjadi Jurusan Karawitan di ASTI Bandung.

Tahun 1973 hingga tahun 1980, Koko Koswara memimpin Jurusan Karawitan dalam kondisi yang belum memadai, baik sarana dan prasarana maupun tenaga pengajarnya. Pada periode ini pengajar tetap Jurusan Karawitan sangat terbatas.Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut, dilakukan pemindahan beberapa tenaga pengajar dai KOKAR Bandung, juga mengangkat tenaga dosen luar biasa dari seniman alam. Tenaga dosen luar biasa yang telah menyumbangkan tenaga dan pikirannya selama Jurusan Karawitan dipimpin oleh Koko Koswara diantaranya: Oman Suanda, Idjun, Entjar Tjarmedi, dan Nandang R Barmaya. Sedangkan tenaga tetap Karawitan, pindaha KOKAR Bandungyaitu Tatang Suryana, Maman Suaman, Pandi Upandi. Kemudian pengajar baru yaitu Herri Petrus Rorong,Enip Sukanda, Emmy Sukanda, dan I Made Sudana. Pada saat dilakukan akreditasi melalui BAN-PT, nomenklatur Jurusan Karawitan menjadi Program Studi Seni Karawitan. 

 

Friday, 07 June 2013 00:00

Prodi Seni Teater

Program Studi Seni Teater ISBI Bandung

Program Studi Teater mulai dibuka tahun 1978 dengan sebutan Jurusan Teater, sebagai tindak lanjut program pengembangan ASTI Bandung telah memiliki Jurusan Tari dan Jurusan Karawitan dengan jenjang Pendidikan Sarjana Muda. Lahirnya Jurusan Teater dngan menyelenggarakan jenjang Pendidikan Sarjana Muda bermulai dari usulan Drs. Saini KM kepada Drs. Karna Yudibrata, Direktur ASTI Bandung pada saat itu.

Setelah disetujui Pendirian Jurusan Teater tersebut, aktivitas Teater di Kota Bandung seperti Suyatna Anirun, Gigo Budi Setiakrasa, Sutardjo A Wiramihardja dan Radiosiwi mendukung dan sekaligus turut membantu jadi pengajarnya. Awalnya hanya tersedia minat utama Pemeranan, sejak tahun 1980 mulai disiapkan minat utama Penyutradaraan dan Penata Artistik . Mulai tahun 1983 jenjang Pendidikan Sarjana Muda diubah menjadi jenjang D-III.

Friday, 07 June 2013 00:00

Prodi Angklung dan Musik Bambu

Prodi Seni Musik Bambu ISBI Bandung

Website Prodi Seni Musik Bambu http://musikbambu.isbi.ac.id
Email Prodi Seni Musik Bambu   This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Fakultas Seni Pertunjukan
Jenjang Pendidikan   D4  
Gelar Pendidikan   S.T.Sn  
Kompetensi   1. Pembawaan (Karya Aransemen), 2. Penciptaan (Karya Baru), 3. Organologi   
Jumlah SKS   146 SKS  
Masa Studi   4 Tahun (8 Semester)
Akreditasi : 

Deskripsi Prodi Angklung dan Musik Bambu 

Prodi Angklung dan Musik Bambu merupakan program studi yang mengkhususkan diri pada penguasaan angklung dan musik bambu nusantara

Sejarah Prodi Angklung dan Musik Bambu  

Program Studi Angklung dan Musik Bambu Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung, diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia pada tingkat diploma dibidang Angklung dan musik bambu.  Berdasarkan Surat Mandat dari Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dengan nomor : 455/E/2011 tanggal 6 April 2011, selanjutnya dilakukan berbagai persiapan seperti penyusunan kurikulum, buku panduan akademik, panduan tugas akhir mahasiswa, pembuatan bahan ajar, dan penyusunan struktur organisasi.
Kegiatan operasional penyelenggaraan pendidikan Program Studi Angklung dan Musik Bambu Jenjang Diploma IV (D-4), berdasarkan Kemendikbud Republik Indonesia, Nomor : 149/E/O/2012, tanggal 27 April 2012. Selanjutnya Program Studi Angklung dan Musik Bambu STSI Bandung pada tahun Akademik 2012/2013 secara resmi menerima mahasiswa baru angkatan pertama.